Aktivitas Promosi dalam Jejaring Sosial Twitter (Studi Kasus terhadap Akun @tribungtimur dan @mkspromo)

Skripsi disusun oleh: Tenripada Aulia
Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Hasanuddin Makassar 2014

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui motif digunakannya akun Twitter sebagai akun aktivitas promosi; (2). Mengetahui strategi dalam melakukan aktivitas promosi dalam jejaring sosial Twitter; (3). Mengetahui dampak aktivitas promosi suatu produk dan atau jasa terhadap pengguna Twitter.

Penelitian dilakukan selama dua bulan, yaitu sejak bulan Maret hingga Mei 2014 di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dan didasarkan pada isi tweet dari akun @mkspromo dan @tribungtimur yang mengandung unsur promosi dalam periode waktu penelitian. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam yang berisi pertanyaan untuk menjawab tujuan penelitian. Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui observasi, studi pustaka baik itu buku-buku dan situs internet yang relevan dengan permasalahan, serta hasil screenshot dari isi tweet promosi akun @mkspromo dan @tribungtimur. Data penelitian yang telah berhasil dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan model deskriptif yang lebih ditekankan pada model studi kasus.

Adapun dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa motif akun @tribungtimur dan @mkspromo adalah melihat potensi Twitter yang dapat membawa keuntungan baik materi maupun immaterial. Terdapat strategi bauran promosi berupa iklan, publikasi, promosi penjualan, personal selling, interactive media dan direct marketing. Dan dampak yang terjadi pada pengguna Twitter bersifat positif pada efek kognitif dan cenderung positif pada efek afeksi.


Daftar Referensi

Zarella, Dan. 2009. The Social Media Marketing Book. (http://books.google.co.id/books/about/The_Social_Media_Marketing_Book., diakses pada 21 Februari 2014 pukul 22.29 WITA)
Widiantoro, Fajar. 2009. Berkat Twitter, Dell Untung Rp 61 Miliar. (http://inet.detik.com/read/2009/12/09/110457/1256789/319/berkat-twitter-dell-untung-rp-61-miliar, diakses pada 21 Februari 2014 pukul 22.31 WITA)
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Taufik. 2012. Rising Middle Class In Indonesia: Peluang Bagi Marketer dan Implikasi Bagi Policy Maker. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tapscott, Dan. 2009. Grown Up Digital: Yang Muda Yang Mengubah Dunia. Terjemahan Oleh Fajarianto. 2013. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tandjung, Jenu. dkk. 2013. Stop Promotion Start Communication. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Severin, E.J. & James W. Tankard. 2001. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di Dalam Media Massa. Terjemahan Oleh Sugeng Hariyanto. 2005. Jakarta: Prenada Media Group.
Sawtang, Realdi. 2011. Motif Pengguna Game Poker Di Situs Jejaring Sosial. Skripsi Tidak Diterbitkan. Padang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas.
Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Puspito Putra, Himas. 2013. Pemahaman Wartawan Media Cetak Makassar Terhadap Penggunaan Istilah Anarkisme Dalam Berita Demonstrasi Mahasiswa Makassar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Primaretha, Andi. 2012. Teknologi Social Media Hari Ini dan Esok. (http://www.virtual.co.id/blog/social-media/teknologi-social-media-hari-ini-dan-esok/, diakses 15 Februari 2014 pukul 21.32 WITA).
Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Noviana, Rina. 2013. Fenomena Celebritism di Twitter: Analisis Semiotika Trending Topic. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Mustari, Isra. 2012. Pengaruh Motivasi Terhadap Keaktifan Anggota Kelompok Tani Sapi Perah Di Kabupaten Enrekang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin.
Musliadi. 2012. Pengertian Promosi. (http://musliadipnl.wordpress.com/2012/04/25/pengertian-promosi/ diakses 22 Februari 2014 pukul 22.46 WITA)
Muhammad, Rizal. 2012. Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Prambors Dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan Di Makassar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Morissan. 2007. Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Tangerang: Ramdini Prakarsa.
Luthfie, Nukman. 2009. (a) Perusahaan dan Merek vs Konsumen Online. (http://www.virtual.co.id/blog/internet-marketing/perusahaan-dan-merek-vs-konsumen-online/, diakses 14 Februari pukul 19.32 WITA).
-----------. 2009. (b) Brand Jangan Bermain-main di Sosial Media. (http://www.virtual.co.id/blog/cyberpr/brand-jangan-bermain-main-di-social-media/, diakses 14 Februari 2014 pukul 20.12 WITA).
Kurniawan, Sigit. 2011. Mengenal Konsep-konsep New Wave Marketing. (http://www.the-marketeers.com/archives/mengenal-konsep-konsep-new-wave-marketing.html#.UwjNhGJ_vzs, diakses 22 Februari 00.20 WITA)
Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unhas. 2012. Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa. Makassar: Hasanuddin University Press.
Juniarto, Damar. 2013. Media Sosial di Indonesia: Kekuatan dan Ancamannya. (http://media.kompasiana.com/new-media/2013/05/03/media-sosial-di-indonesia-kekuatan-dan-ancamannya-556767.html, diakses 15 Februari 2014 pukul 17.55 WITA).
Ivandipa. 2013. Twitter is Money. (http://books.google.co.id/books/twitter/money. diakses 21 Februari 2014 pukul 22.42 WITA)
Husni, Alien Chairina. 2013. Opini Publik di Media Sosial Twitter: Analisis Isi Opini Kekerasan Seksual pada Anak. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Malang: PT. Gelora Aksara Pratama.
Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Bungin, Burhan. 2011. Sosiologi Komunikasi:Teori Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Group.
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rujukan Internet:
http://beritagar.com/p/statistik-pengguna-twitter-indonesia-oktober-2013-102007
http://consumerbehavior.lecture.ub.ac.id/2011/12/buzz-marketing/
http://ghancou.blogspot.com/2010/08/hal-hal-yang-diatur-dalam-uu-iye-secara-14.html
http://id.m.wikipedia.org/wiki/ internet
http://id.m.wikipedia.org/wiki/social_networking
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://inioke.com/Berita/6592-Media-Sosial-Diakses-95-Persen-Pengguna-Internet-di-Indonesia.html
http://musliadipnl.wordpress.com/2012/04/25/pengertian-promosi/
http://setkab.go.id/artikel-11194-.html
http://tempo.co/read/news/2013/12/17/072538043/Indonesia-Pengguna-Twitter-Nomor-3-di-Dunia
http://www.the-marketeers.com/archives/Indonesia/nternet
http://www.the-marketeers.com/archives/mengenal-konsep-konsep-new-wave-marketing.html