Tanggapan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin terhadap Tabloid Identitas

Skripsi disusun oleh: Rachel Priscella Siriwa
Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Hasanuddin Makassar 2013

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tanggapan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin terhadap berita tabloid Identitas. (2) Mengetahui tanggapan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin terhadap desain grafis tabloid Identitas. (3) Mengetahui tanggapan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin terhadap iklan tabloid Identitas

Penelitian dilakukan di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin selama tiga bulan, yaitu dari bulan Juni hingga September 2013. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin. Responden penelitian ditentukan dengan menggunakan metode Proportional Stratified Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan observasi, melakukan wawancara dengan pihak-pihak terkait penelitian, dan studi pustaka. Data yang telah dikumpulkan kemudian disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Adapun dari hasil penelitian ditemukan bahwa sebagian besar responden memberikan tanggapan kurang bagus (negatif) pada iklan pada tabloid Identitas, sedangkan tanggapan yang bagus (positif) diberikan pada berita dan desain grafis tabloid Identitas.


Daftar Referensi

Wiryanto. 2006. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.
Wimmer, Roger D & Joseph R Dominick. 2010. Mass Media Research: An Introduction. 9th Edition. USA: Cengage Learning, Inc.
Wibowo, Wahyu. 2006. Berani Menulis Artikel: Babak Baru Kita Menulis Artikel untuk Media Massa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sumadiria, Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: SRM
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Stones, Edgar. 1971. An Introduction to Educational Psychology. Routledge Library Editions: Education. USA: Barnes and Noble Inc.
Siregar Ashadi , dkk. 1982. Bagaimana Menulis di Media Massa. Jakarta: Unipress
Romli, Asep Syamsul M. 2003. Jurnalistik Terapan Dan Kepenulisan, Bandung : Batic Press.
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Edisi keduapuluhdelapan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Dengan Contoh Analistik Statistik. Bandung: Rosdakarya.
Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta: Andi.
Passante, Christoper K. 2008. The Complete Ideal’s Guides: Journalism. Jakarta: Prenada Media.
Nurudin. 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
McQuail, Dennis, 1987. Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Edisi Kedua. Terjemahan oleh Agus Dharma & Aminuddin Ram. 1994. Jakarta: Erlangga.
Mar'at, 1984. Sikap Manusia, Perubahan Serta Pengukuran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kusmiati R. Artini, dkk. 1999.Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.
Kotler, Philip. 1992. Manajemen Pemasaran. Volume 1. Edisi ketujuh. Afiff AZ, Terjemahan oleh FEUI, Editor. Jakarta: Universitas Indonesia. Terjemahan dariMarketing Manajemen.
Kotler, Philip dan Amstrong.1996. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta :Intermedia.
Kasali, Rhenald. 2003. Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.
John, Vivian. 2008.Teori Komunikasi Massa. Edisi Kedelapan. Jakarta Kencana
Jefkins. Frank. 1996. Periklanan. Terjemahan oleh Haris Munandar. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Fitriyani, Leila. 2011. Tanggapan Mahasiswa Komunikasi Di Makassar Terhadap Progam Siaran Kick Andy di Metro TV. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Effendy,Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilanbelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Effendy, Onong. Uchjana. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.
DS, Rendro (Editor). 2010. Beyond Borders: Communication Modernity & History. Jakarta: STIKOM The London School Of Public Relations.
Bungin, M. Burhan. 2007. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Budyatna, Muhammad. 2012. Jurnalistik Teori dan Praktik. PT Bandung: Remaja Rosdakarya
Abubakar, Muhammad Dahlan. 2008. Brother Tua. PK Identitas Universitas Hasanuddin.
Sumber Internet:
http://www.princeton.edu/~achaney/tmve/wiki100k/docs/Tabloid. Diakses 15 Juli 2013.
http://unhas.ac.id/fisip/index.php/jurusan-a-prodi/ilmu-komunikasi/14-profil-dosen-jurusan-ilmu-komunikasi. Diakses pada: 5 September 2013
http://rifkimax.files.wordpress.com/2010/09/modul-1.pdf), diakses 19 Juli 2013
http://alwayskantry009.wordpress.com/2010/10/15/apa-dan-bagaimana-tabolid-itu. Diakses 15 Juli 2013
http://arminbell.wordpress.com/2012/09/04/jurnalistik-dasar-media-massa. Diakses: 28 Juli 2013