Hubungan antara Menonton Iklan Mie Instan di Televisi dan Perilaku Konsumsi Mahasiswa Makassar

Skripsi disusun oleh: Rahmadayanti
Jurusan Ilmu Komunikasi Program Studi Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Hasanuddin Makassar 2013

Intisari

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara menonton iklan mie instan di televisi dan perilaku konsumsi mahasiswa Makassar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa Makassar terhadap produk mie instan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Muhammadiah, Universitas 45, dan Universitas Fajar, Makassar. Penelitian berlangsung selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai bulan April hingga Juli 2013.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan tipe survey format korelasi.

Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Muhammadiah, Universitas 45, dan Universitas Fajar, Makassar. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 347 orang dari total mahasiswa 143.840 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Klaster (cluster sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi, tabel silang, chisquare, dan uji korelasi.

Adapun dari hasil analisis tabel frekuensi, tabel silang, chisquare, dan uji korelasi ditemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara menonton iklan mie instan di televisi dengan perilaku konsumsi mahasiswa makassar. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi mie instan pada mahasiswa Makassar antara lain umur, pendapatan orangtua, angkatan, dan uang saku per bulan.


Daftar Referensi

Williamson, Judith. 2007. Decoding Advertisements : Ideology and Meaning in Advertasing. Bandung: Jalasutra
Widyatama, Rendra. 2009. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Sutisna, S.E., M.E. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sebayang, Agnes Natalia. 2012. Gambaran Pola Konsumsi Makanan Mahasiswa di Universitas Indonesia. Skripsi Tidak Diterbitkan. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
Sari, Endang S. 1993. Audience Research : Pengantar Studi Penelitian Terhadap Pembaca, Pendengar, dan Pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset
Santoso, Edi & Mite setiansah. 2010. Teori Komuinikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rakhmat, Jalaluddin. 2000. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Priyanto, Duwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Noviani, Ratna. 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan : Antara Realitas, Representasi, dan Simulasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana
Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell & William Wells. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana
Lee, Monle & Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana
Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Junaedi, Fajar (editor). 2010. Gado-Gado Pelanggaran Iklan. Bantul: Kreasi wacana
Indriarto, Fidelis. 2006. “Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan.” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 5, No. 3, pp.243-268
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya
Cannon, J. P., W. D. Perault, dan E. J. McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. 16 ed. Jakarta: Salemba Empat
Bungin, Burhan. 2011. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana
Bram, Y. F., 2005. “Analisis Efektivitas Iklan sebagai Salah SatuStrategi Pemasaran Perusahaan Percetakan dan Penerbitan PT Rambang dengan Menggunakan Metode EPIC Model.” Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya, Vol. 3, No. 6, pp.1-23
Badan Pusat Statistik Kota Makassar. 2012. Makassar Dalam Angka 2012. Makassar: UD Areso
Akbar, Citra B. 2008. Analisis Menonton Iklan Produk Cream The Fuk di Televisi Swasta dan Minat Beli Mahasiswa Komunikasi Reguler Sore Universitas Hasanuddin. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Internet
www.wikipedia.com (diakses terakhir pada 19 Maret 2013 pada pukul 01.15 WITA)
www.indofood.com (diakses terakhir pada 6 Maret 2013 pada pukul 20.00 WITA)
http://economy.okezone.com/read/2012/09/18/320/691778/produk-makanan-minuman-paling-banyak-dikonsumsi-konsumen (diakses terakhir pada 21 Maret 2013 pada pukul 14.20 WITA)