Peranan Humas dalam Meningkatkan Citra Rumah Sakit Kusta Dr Tadjuddin Chalid Makassar

Penulis skripsi: Fikhi Handayani
Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Hasanuddin Makassar 2015

Intisari

RSK Dr Tadjuddin Chalid Makassar merupakan satu-satunya rumah sakit yang melayani penderita penyakit kusta di wilayah Indonesia Timur. Penulis ingin mengetahui bagaimana humas RSK Dr Tadjuddin Chalid Makassar berperan dalam meningkatkan citra dari instansi yang bersangkutan. Tujuan skripsi ini adalah untuk: (1) Mengetahui peranan Humas Rumah Sakit Kusta Dr Tadjuddin Chalid Makassar dalam menjalankan fungsinya untuk meningkatkan citra instansi. (2) Menguraikan aktivitas yang dilakukan oleh Humas Rumah Sakit Kusta Dr Tadjuddin Chalid Makassar dalam menjalankan fungsinya untuk meningkatkan citra instansi.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peranan humas oleh Dozier & Broom. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Subjek penelitian adalah praktisi humas RSK Dr Tadjuddin Chalid Makassar dan pihak yang ikut berkepentingan di dalamnya. Sedangkan objek penelitian adalah peranan humas dalam meningkatkan citra. Informan penelitian dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi nonpartisipan (observasi tidak berperan serta), studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara mendalam (indepth interview). Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif.

Adapun dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa praktisi humas RSK Dr Tadjuddin Chalid Makassar menjalankan keempat kategori peran sesuai konsep Dozier & Broom, yaitu sebagai penasehat ahli (expert prescriber), fasilitator proses pemecahan masalah (problem solving process facilitator), fasilitator komunikasi (communication facilitator), dan teknisi komunikasi (communication technician). Sedangkan untuk aktivitas yang dilakukan oleh humas rumah sakit ialah aktivitas internal, seperti upacara, meeting, pelatihan karyawan dan lainnya. Selain itu, terdapat pula aktivitas eksternal seperti publikasi, sosialisasi, dan social events.

Kata Kunci: peran humas, rumah sakit kusta dr tadjuddin chalid, citra

Daftar Referensi

Buku
Yulianita Neni. 2003. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan.
Thomas, Colin Coulson. 1996. Public relations, Pedoman Praktis Untuk PR. Terjemahan Drs. Lucas Ginting, Bumi Aksara, Jakarta.
Thoha, Miftah. 1997. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Suparmo, Ludwig. 2011. Aspek Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Indeks.
Suliswati. dkk. 2005. Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Penerbit buku kedokteran EGC.
Suhandang, Kustadi. 2004. Public Relations Perusahaan. Bandung: Nuansa.
Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soekanto, Soerjono, dan Otje Salman. 1987. Disiplin Hukum dan Disiplin Sosiologi. Jakarta: Rajawali Pers
Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
----------. 2010. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Rachmadi, F. 1994. Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Purba, L. 2009. Stigmatization Penyandang Kusta. Bekasi: Yayasan Transformasi Lepra Indonesia.
Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ngurah Putra, I Gusti. 1999. Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta.
Mulyana, Dedi. 2001. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moore, Frazier. 2005. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Linggar, Anggoro. 2001. Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kusumastuti, Frida. 2004 Dasar-Dasar Humas. Bogor Selatan: PT. Grahali Indonesia & UMM Pers.
Jefkins, Frank & Daniel Yadin. 2003. Public Relations. Jakarta: Erlangga.
----------. 2004. Public Relations. Jakarta: PT. Erlangga.
Iriantara, Yossal. 2004. Manajemen Strategi Public Relations. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hugo F. Reading. 1986. Kamus Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: CV Rajawali.
Effendy, Onong Uchjana. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung: CV Mandar Maju.
----------. 2009. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 2009. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
Cutlip, Scott M. dkk. 2007. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
----------. 2009. Effective Public Relations Edisi Kesembilan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Assumpta Rumanti, Sr Maria. 2002. Dasar-dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: Grasindo.
Arifin, Anwar. 1998. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. 2002. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
----------. 2004. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan Ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Abu, Ahmadi, 1982. Psikologi Sosial. Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Skripsi
Josephine, N. 2001. Coping Behavior Terhadap Sikap Warga Medang dan Ngampel Pada Mantan Penderita Kusta di Wireskat-Blora. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Kalijaga Yogyakarta.
Artikel
Sasanti. 2003. “Pengertian Persepsi”. Diakses pada tanggal 28 Maret 2015. http://teoripsikologi.blogspot.com/2008/05/pengertianpersepsi.html.
Blogger. “RS Tadjuddin Khalid Buka Pelayanan untuk Pasien Umum”. Diakses pada tanggal 27 Desember 2014. http://sangdokter.blogspot.com/2008/12/rs-tajuddin-khalid-bukapelayanan-untuk.html