Tugas Akhir / Skripsi Ilmu Komunikasi
Disusun oleh: Calista Wangsa
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Intisari:
Penelitian ini berusaha mendeskripsikan strategi Humas Pemerintah Kabupaten Jember dalam Mengkomunikasikan Program Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ). Program BBJ menarik perhatian peneliti karena Humas Pemkab Jember meletakkan program tersebut sebagai special event Jember yang telah mengundang perhatian media. meskipun strategi dalam mengkomun ikasikan Program BBJ jauh dari sempurna, namun upaya Humas telah membuka peluang awal bagi Kabupaten Jember untuk lebih dikenal masyarkat luas. oleh karena itu, rumusan permasalahan yang diangkat penelitian ini adalah bagaimana strategi Humas Pemerintah Kabupaten Jember dalam mengkomunikasikan Program Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ).
Pendekatan
kualitatif dipilih untuk mengetahui strategi yang diterapkan Humas
Pemkab Jember dalam Program BBJ sebagai upaya city branding. untuk itu
peneliti perlu menggali aktivitas Humas Pemkab Jember dengan cara
wawancara mendalam kepada Kepala Bagian beserta tim humas Pemkab Jember,
Ketua PHRI Jember, serta Wakil Presiden JFC (Jember Fashion Carnaval).
Dari
Penelitian ditemukan bahwa Humas Pemkab Jember memiliki tema strategi
dalam mengkomunikasikan Program BBJ dengan strategi Sapu Bersih
(memaksimalkan media kampanye yang ada). adapun strategi Sapu Bersih
yang diterapkan Humas Pemkab Jember dalam mengkomunikasikan Program BBJ
dipetakan dalam suatu proses yang berkesinambungan, yaitu meliputi
briefing perihal pelaksanaan strategi Sapu Bersih, perencanaan strategi
Sapu Bersih, Implementasi strategi Sapu Bersih, Evaluasi strategi Sapu
Bersih.