Tugas Akhir / Skripsi Ilmu Komunikasi
Disusun oleh: M. Sunni Akbar
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Intisari:
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan kecil atau UMKM dengan target pasar nasional. Dengan jumlah tenaga kerja, pangsa pasar, serta produksi yang tergolong minim menunjukkan UMKM memiliki keterbatasan dari berbagai aspek khususnya dana. Oleh karena itu, kemampuan untuk mempromosikan produknya juga sangat minim sehingga membutuhkan upaya komunikasi pemasaran tertentu yang dikombinasikan untuk menjadi alat yang ampuh, mengingat komunikasi pemasaran memiliki peran yang vital.
Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti
tertarik untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang
diterapkan oleh Cak Cuk Surabaya sebagai salah satu UMKM yang merupakan
sebuah brand yang mencoba menawarkan produk cinderamata dengan konsep
nuansa khas Kota Surabaya mulai dari kaos, mug, pin, tas, hingga stiker
agar dikenal secara nasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran
yang dilakukan Cak-Cuk Surabaya untuk menjadi cinderamata khas Kota
Surabaya. Tinjauan Pustaka yang digunakan antara lain mengenai
Integrated Marketing Communication sebagai sebuah pendekatan dalam
komunikasi pemasaran, dan Promotional Mix.
Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan
studi kasus sebagai metode penelitian dan tipe penelitian deskriptif.
Sasaran penelitian adalah bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang
dilakukan organisasi Cak-Cuk Surabaya. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara mendalam dan analisis dokumen, sehingga unit
analisis datanya berupa narasi-narasi hasil wawancara dan hasil analisis
dokumen.
Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa
meskipun Cak Cuk Surabaya memiliki berbagai kendala khususnya dana,
masih tetap dapat melakukan komunikasi pemasaran. Bentuk-bentuk
komunikasi pemasaran yang diterapkan disesuaikan dengan dana yang
dimiliki dan dikemas secara unik serta kreatif. Misalnya dalam
advertising, memasang x-banner di dalam toko yang menampilkan beberapa
foto publik figur seperti para aktris sinetron dan orang terkenal
lainnya serta memanfaatkan mobil VW Combi sebagai toko berjalan. Dalam
personal selling, bekerja sama dengan biro travel yang bertujuan
meminimalisir karyawan. Kemudian juga menerapkan sales promotion dengan
ikut tergabung dalam beberapa pameran.
Selanjutnya, dalam
publicity Cak Cuk Surabaya terbantu oleh liputan media mulai dari print
media hingga broadcast media, serta sering menjadi sponsorship dan juga
memanfaatkan internet melalui facebook dan website. Disamping
keberadaan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran tersebut, word of mouth
memiliki peran dan kontribusi yang besar dalam mengkomunikasikan Cak Cuk
Surabaya kepada konsumen. Terlepas dari itu, kesatuan dan saling
melengkapi antara bentuk komunikasi pemasaran yang diterapkan
manunjukkan Cak Cuk Surabaya juga melakukan pendekatan Integrated
Marketing Communication.