Tugas Akhir / Skripsi Ilmu Komunikasi
Disusun oleh: Novi M. Subiyakto
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Intisari:
Penelitian ini adalah tentang menggambarkan dan menjelaskan hubungan antara daya tarik endorser selebriti dalam sebuah iklan dengan persepsi atau kesan kualitas yang terbentuk dalam diri audiens terhadap produk tersebut. Fenomena yang akan dilihat adalah dimana saat ini perusahaan-perusahaan produk atau jasa melakukan serangan promosi untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk atau jasa mereka. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan melakukan bauran promosi yang mampu memberikan informasi kepada konsumen yaitu salah satunya adalah dengan beriklan. Perusahaan harus memiliki cara kreatif dalam beriklan agar dapat menarik perhatian konsumen dan menciptakan preferensi terhadap merek. Salah satu cara kreatif dalam beriklan adalah dengan menggunakan endorser.
Salah satu
iklan yang menggunakan selebriti endorser adalah iklan sepeda motor
Yamaha Jupiter MX 135cc, dimana iklan ini menggunakan Valentino Rossi
sebagai endorser-nya. Fenomena dikaitkannya bergabungnya Rossi ke tim
Yamaha dengan persepsi kualitas oleh para konsumen sepeda motor, dapat
disimpulkan terdapat hubungan antara kepindahan Rossi ke tim Yamaha
dengan persepsi kualitas produk merek Yamaha. Berdasarkan fenomena ini
peneliti ingin mengetahui hubungan antara Rossi sebagai endorser iklan
dengan persepsi kualitas yang terbentuk dalam diri audiens dengan
atribut endorser selebriti Rossi berupa attractiveness (daya tarik).
Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif-korelasional yang akan mencari dan
menjelaskan hubungan antara dua variabel (bivariat) yaitu variabel
bebas (attractiveness endorser) dan variabel tergantung (perceived
quality). Hasil penelitian ini akan memberikan data tentang hubungan
antara attractiveness (daya tarik) selebriti endorser dalam iklan
endorsement Yamaha Jupiter MX versi Valentino Rossi-Komeng dengan
perceived quality (persepsi kualitas) audiens terhadap produk dalam
iklan yaitu motor Jupiter MX. Dan dapat memberikan masukan terhadap
perusahaan dalam pemilihan endorser dalam iklan-iklan Yamaha selanjutnya
atau iklan produk lainnya.