Hubungan Terpaan Iklan Esia Suka-Suka dgn Konsumen thd Iklan Esia Suka-Suka

Tugas Akhir / Skripsi Ilmu Komunikasi
Disusun oleh: Michelle S. Christian
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Intisari:

Terpaan iklan merupakan suatu proses dimana terjadi respon kognitif atau pemikiran ketika mereka membaca, melihat, atau mendengar komunikasi tersebut. Variabel dari terpaan iklan adalah frekuensi, durasi dan atensi. Televisi sebagai media untuk menyampaikan pesan iklan mempunyai keuntungan yaitu pesan yang bersifat massal, serta mempunyai elemen audio dan visual yang dapat mempengaruhi sikap konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara terpaan iklan Esia Suka-Suka dengan sikap konsumen terhadap iklan Esia Suka-Suka. Sikap adalah afeksi atau inti dari rasa suka atau tidak suka untuk atau terhadap sebuah rangsangan. Sedangkan sikap terhadap iklan mengacu pada kesukaan atau ketidaksukaan secara umum atas rangsangan iklan tertentu selama exposure iklan tersebut. Menurut model Hierarchy of Effects, dari menonton iklan sampai dengan melakukan pembelian, konsumen selalu mengikuti alur yang sangat teratur seperti sebuah hierarki.
 
Penelitian ini memfokuskan pada ranah afektif model Hierarchy of Effects yang akan menjelaskan sikap konsumen terhadap iklan Esia Suka-Suka. Ranah afektif ini terdiri dari 3 dimensi yang sekaligus menjadi indikator sikap terhadap iklan yaitu Liking, Preference, dan Conviction. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan tipe penelitian ekplanatori dengan tujuan mencari hubungan antara variabel X dan Y. Varabel X adalah terpaan iklan Esia Suka-Suka dan variabel Y adalah sikap konsumen terhadap iklan Esia Suka-Suka. Metode yang digunakan adalah survey dengan cara menyebarkan kuisioner sebagai alat ukurnya. Teknik penarikan sampel adalah Quota Sampling dan populasinya adalah masyarakat Surabaya yang dibagi dalam 31 kecamatan. Karakteristik responden adalah orang yang pernah mendapat terpaan iklan Esia Suka-Suka dan berusia 15 sampai 64 tahun
 
Setelah melakukan analisis korelasional dengan tes statistic Rho Spearman, peneliti mengambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara terpaan iklan Esia Suka-Suka dengan sikap konsumen terhadap iklan Esia Suka-Suka, arah hubungannya positif, keeratan hubungannya lemah dengan koefisien korelasi 24,4% dan kontribusi dalam hubungan adalah 5,95 % atau lemah.