Kebijakan Redaksional Harian FAJAR dalam Menentukan Foto Headline

Skripsi disusun oleh: Muhammad Idham Ama
Jurusan Ilmu Komunikasi Program Studi Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Hasanuddin Makassar 2013

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Menguraikan kriteria yang harus dipenuhi oleh suatu foto sehingga dijadikan foto headline Harian FAJAR. 2) Mengetahui proses penentuan kebijakan redaksional di Harian FAJAR, khususnya dalam menentukan foto headline.

Penelitian ini dilakukan di redaksi Harian FAJAR dan berlangsung dalam waktu tiga bulan yaitu bulan September 2012 sampai Desember 2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah secara deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan analisis data yang berupaya menggambarkan tentang masalah yang dibahas dalam penelitian dan dikembangkan berdasarkan teori yang digunakan.

Temuan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kebijakan redaksional Harian FAJAR hampir sama dengan kebijakan yang dianut surat kabar Indonesia lainnya. Proses kebijakan redaksional Harian FAJAR dalam menentukan foto headline dimulai ketika fotografer menyetor foto ke server redaksi dan berakhir dengan diskusi antara koordinator kompartemen/redaktur halaman satu, pemimpin redaksi, layouter dan koordinator foto. Sedangkan kriteria menentukan foto headline Harian FAJAR mengacu pada pertimbangan: baru (termasa), penting, jarak (jauh dekat), akibat, keluarbiasaan, dan tragedi (musibah).


Daftar Referensi

Wijaya Taufan. 2011. Foto Jurnalistik : Dalam Dimensi Utuh. Klaten : CV. Sahabat.
Susanto, Astrid S. 1982. Komunikasi Massa I. Bandung : Bina Cipta.
Soelarko, RM. 1979. Audio Visual. Bandung: Binacipta
SK, Patmoko. 1990. Teknik Jurnalistik. Jakarta : PT. BPK. Gunung Mulia.
Sarjono, Suwito. 1994. Teknik Fotografi Untuk Pemula. Solo : CV. Aneka Solo
Rochadi, S. 1970. Wartawan Pembina Masyarakat. Bandung : Binatjipta
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi : Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Payne, Lee. 1994. Foto Yang Berkisah. Semarang : Dahara Prize
Nurudin, M.Si. 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Rajawali Pers.
Mulyana, Deddy, 2007, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mirza Alwi, Audy. 2008. Foto Jurnalistik : Metode Memotret dan Mengirim Foto ke Media Massa. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
McQuail, Denis. 1985. Model-model Komunikasi.Jakarta : Uniprimas.
Maleong. Lexy. 1991. Metode Penelitian Kualitatif.Bandung : Remadja Rosdakarya.
Kusumaningrat, Hikmat. 2012. Jurnalistik; Teori dan Praktik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Islamy, Irfan. 1992. Prinsi-prinsip Kebijaksanaan Negara. Jakarta : Bumi Aksara
Effendy, Onong Uchjana, 2003, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Darmawan, Ferry. 2009. Dunia Dalam Bingkai. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Bulaeng, Andi. 2000. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Makassar : Hasanuddin University Press.
Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana : Teori, Metode dan Penerapannya Pada Wacana Media. Jakarta : Kharisma Putra Utama.
Arifin, Anwar. 1989. Pers Sebagai Lembaga Sosial. Ujung Pandang : FISIP UNHAS.
Achmad, A.S. 1990. Manusia dan Informasi. Ujungpandang : Hasanuddin University.
Lain-lain :
Photography From My Eyes, Yuyung Abdi (Fotografer Jawa Pos)
Fotobiografi Kartono Ryadi, Pendobrak Fotografi Jurnalistik Indonesia Modern.
Buku Putih Harian FAJAR