Hubungan antara Menonton Iklan WeChat di Televisi dan Minat Pengguna Smartphone dalam Menggunakan Aplikasi WeChat pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Penulis skripsi: Andi Mohammad Mentarifajar Anis
Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Hasanuddin Makassar 2013

Intisari

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1). Mengetahui minat menonton iklan WeChat pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. (2). Mengetahui minat pengguna smartphone terhadap aplikasi WeChat pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. (3) Mengetahui hubungan antara minat menonton iklan WeChat mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin terhadap minat pengguna smartphone dalam menggunakan aplikasi WeChat pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive, dengan jumlah sampel sebanyak 265 orang. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi, tabel silang, dan uji Chi Square, dimana α 0,05 dan koefisien φ (phi). Peneliti menggunakan aplikasi SPSS 17 untuk membantu proses pengolahan data.

Adapun dari hasil penelitian dengan uji statistik ditemukan bahwa minat terhadap aplikasi messenger WeChat pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin umumnya berada pada kategori sedang yakni sebanyak 154 orang (58.1%). Sedangkan minat menonton iklan WeChat mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin umumnya berada pada kategori sedang yakni sebanyak 160 orang (60.4%). Dari hasil uji tabel silang ditemukan bahwa keduanya tidak memiliki hubungan seperti yang terlihat dari hasil analisis uji chi-square dimana diperoleh nilai X2=5,352 dan nilai p=0,253 lebih besar dari standar deviasi, yakni 0,05. Dengan demikian maka Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa kedua variabel ini tidak memiliki hubungan.

Kata Kunci : Menonton, Iklan, WeChat, Smartphone


Daftar Referensi

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi. Bandung: PT. Rosda Karya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES
Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan komunikasi Pemasaran Terpadu, Terjemahan. Jakarta: Erlangga,
Satriya, Jimy. 2013. Efektifitas Iklan Media Televisi Djarum Super My Great Adventure Menggunakan EPIC Model Pada Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
Rakhmat, Djalaluddin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nugroho, Amin R.S. 2012. Kupas Tuntas WeChat: Platform Baru dalam Berkomunikasi.
Noeardi. 1996. Kamus Istilah Periklanan Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nawawi, Hadari. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
McQuail, Dennis. 1994. Teori Komunikasi Massa : Suatu pengantar, edisi kedua, Jakarta : Erlangga
Malo, Manasse, dkk. 2003. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Malik, Dedy Djamaluddin dan Yosal Iriantara, 1994. Komunikasi Persuasif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Lwin, May & Jim Aitchison, 2003. Clueless In Advertising. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer
Lindani, Siska. 2008. Hubungan Antara Frekuensi Menonton Iklan Citra White Lotion Versi Icha Story Pada Sinetron Remaja Sctv Dengan Minat Beli Siswi Smu Al-Chasanah Jakarta. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Indonusa Esa Unggul
Kuswandi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa: Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta: Rineka Cipta
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Prenhallindo
Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasi di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
--------------------. 2003. Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Targeting dan Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Terjemahan. Jakarta: Erlangga
Indriantoro, Nur dan Supomo Bambang. 1999. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen.Yogyakarta: BPFE
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Azimar, Umi. 2007. Hubungan Iklan Melalui Media Televisi Dengan Konsumsi Makanan Ringan Anak Sekolah Dasar. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor

Internet
(http://en.wikipedia.org/wiki/WeChat, diakses 8 April 2013 pukul 15.45 WITA)
(http://diditnote.blogspot.com/2013/04/tabel-isaac-dan-michael_8394.html, diakses 26 April 2013 pukul 01.20 WITA)
(http://indonesian.cri.cn/2013/03/29/Wechat-Semakin-Menjamur-di-Asia-Tenggara.html, diakses 8 April 2013 pukul 17.54 WITA)
(http://twonetnews.blogspot.com/2013/03/apa-itu-aplikasi-wechat-dan-bagaimana.html, diakses 10 April 2013 pukul 12.52 WITA)
(http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2012/11/14/kupas-tuntas-wechat-platform-baru-dalam-berkomunikasi-508054.html, diakses 8 April 2013 pukul 16.51 WITA)