Fungsi Public Relations PT. Inco, Tbk dalam Upaya Meningkatkan Citra Perusahaan

Skripsi disusun oleh: Suci Astuti Amiruddin
Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Hasanuddin Makassar 2012

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui fungsi public relations PT. Inco, Tbk dalam upaya meningkatkan citra perusahaan. 2. Mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat serta pendukung fungsi public relations PT. Inco, Tbk dalam upaya meningkatkan citra perusahaan.

Penelitian ini dilakukan di Makassar dan sorowako dengan memilih informan dari Bagian Regional Communications PT Inco, Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif di mana, peneliti berusaha memberikan gambaran, memaparkan serta menginterpretasikan objek yang diteliti secara faktual dan sistematis.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan sejauh ini sudah cukup baik. Dengan menjalankan fungis-fungsi PR yaitu membangun relationship dengan pihak internal maupun eksternal, sebagai communicator, dan melakukan tahapan-tahapan proses kegiatan PR. Faktor-faktor yang menghambat fungsi PR PT. Inco, Tbk dalam meningkatkan citra perusahaan adalah: isu yang menimpa perusahaan, kurangnya kesadaran untuk memberikan informasi kepada stakeholder, menjadi tidak efektif melakukan kegiatan tanpa adanya tujuan yang jelas, dan tidak kompaknya team. Sedangkan faktor-faktor yang mendukung fungsi PR PT. Inco, Tbk dalam meningkatkan citra perusahaan adalah: tenaga professional (SDM) dalam pelaksanaan program, koordinasi dengan antar section, dan koordinasi dengan department lain.


Daftar Referensi

Ruslan, Rosady. 2002. Manajemen Humas & Komunikasi Konsep &Aplikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
---------------------.2007. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.
Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations: Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra, dan Reputasi Perusahaan. Jakarta: RajawaliGrafindo Persada.
M. Cutlip Scott, H. Center Allen, M. Broom Glen. 2009. Effective Public Relations. Terjemahan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kasali, Rhenald. 2008. Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications. Yogyakarta: Bentang Pustaka.
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations, Edisi Kelima. Terjemahan oleh Daniel Yadin. Jakarta: Erlangga.
Iriantara, Yosal. 2004. Community Relations Konsep dan Aplikasinya. Yogyakarta: Simbiosa Rekatama Media
Heiman, T. Suzette, L. Toth Elizabeth. 2010. Public Relations Profesi dan Praktik. Terjemahan oleh Afrianto Daud. Jakarta: Salemba Humanika.
Hadi, Ince Zufiana. 2009. Strategi Komunikasi PT. Inco, Tbk dalam Kampanye Lingkungan Hidup. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. Fakultas Ilmu social dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Greener, Tony. 2002. Kiat Sukses Public Relations Dan Pembentukan Citranya. Terjemahan oleh Nuraki Aziz. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Foss, Karen A dan W. LittleJohn, Stephen. 2009. Theories of Human Communcation. Terjemahan oleh Muhammad Yusuf Hamdan. Jakarta: Salemba Humanika.
Effendy, Onong Uchana. 1998. Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju.
Dixon Dee Lynda, W. Friedrich Gustav, O’hair Dan. 2009. Strategic Communication in Bussines and the Professions. Terjemahan Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arifin, Anwar. 2007. Public Relations. Pustaka Indonesia.
Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Soleh. 2004. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Abubakar, M. Dahlan & Asdar Muis RMS. 2003. INCO Mengalir di Tengah Gejolak Pertambangan. Makassar. Lembaga Penerbitan Universitas Terbuka (Lephas)
Abdurrachman, Oemi. 1993. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Citra Aditya Bandung.

Sumber lain :
Sustainibility report 2010
Over view Vale 2012
Annual report PT. Inco, Tbk tahun 2010