Pesan Moral dalam Film To Kill A Mockingbird (Analisis Semiotika pada Film To Kill A Mockingbird)

Skripsi disusun oleh: Jaquiline Melissa Renyoet
Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Hasanuddin Makassar 2014

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk pesan moral dan memahami makna pesan moral dalam film To Kill A Mockingbird. Penelitian dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan yaitu mulai Maret hingga Mei 2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui pengamatan secara menyeluruh terhadap objek penelitian yaitu film To Kill A Mockingbird yang berdurasi 129 menit. Data primer yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari film To Kill A Mockingbird dengan mengobservasi suara/dialog (audio) dan gambar (visual image) yang di dalamnya terdapat unsur tanda yang menggambarkan pesan-pesan moral. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan model semiotika Roland Barthes yang terdiri dari tatanan pertandaan yaitu konotasi dan denotasi. Pengumpulan data sekunder dalam dilakukan melalui media studi pustaka untuk memperoleh data-data dan teori-teori yang relevan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Adapun dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa film To Kill A Mockingbird menyampaikan pesan moral yang kuat kepada penontonnya dengan menggunakan sejarah, perkembangan karakter dan instruksi moral dalam film tersebut. Film To Kill A Mockingbird juga menggunakan berbagai simbol yang merupakan representasi dari karakter-karakternya. Dengan menciptakan karakter-karakter yang berperilaku mirip dengan burung mockingbird, film ini berusaha menyadarkan penontonnya bahwa hanya karena seseorang terlihat berbeda bukan berarti kita boleh menghakimi, menganiaya, atau berlaku tidak hormat pada orang tersebut. Setiap orang memiliki hak yang sama dengan kita untuk dapat hidup harmonis di dunia. Secara moral, film ini mengikat penggambarannya akan burung mockingbird dengan representasi karakter untuk memberikan pesan bahwa manusia seharusnya bisa hidup harmonis walaupun terdapat perbedaan.


Daftar Referensi

Wibowo, I. S.W., 2013. Semiotika Komunikasi. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Timmons, M., 1999. Morality without foundation. New York : Oxford University Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Stiltner, M., 2002. Don't Put Your Shoes on the Bed: A Moral Analysis of To Kill a Mockingbird. Tesis. Faculty of The Department of English. Univ. of East Tennessee State, Amerika.
Sobur, A., 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.
Smith, G., 2003. Film Structure and the Emotion System [e-book]. New York : Cambridge University Press.
Shafira Indah M. 2013. Batman Sebagai Pahlawan Borjuis (Analisis Semiotika pada Film Batman Returns). [online] http://ejournal-s1.undip.ac.id/ [diakses pada 6 Februari 2014].
Rossid Rowmaens. 2012. Film Sebagai Objek Analisis Semiotik. [online] http://rossidrowmaens.blogspot.com/2012/05/film-sebagai-objek-analisis-semiotik. html [diakses pada 6 Februari 2014].
Rikke Bjerg Jensen. 2002. Do we learn to 'read' television and film and do televisual and filmic codes constitute a 'language'?. [online] http:// www .aber. ac. uk/media /Students/rbj0001.html [diakses pada 5 Februari 2014].
Richard Armstrong. 2004. To Kill a Mockingbird. [online] http:// www. the filmjournal.com/issue11/mockingbird.html [diakses pada 5 Februari 2014].
Priyank Loonker. 2009. Semiotics Shrek The Movie. [online] http://www.slideshare.net/priyank.loonker/semiotics-shrek-the-movie [diakses pada 5 Februari 2014].
Pramaggiore, M., 2008. Film A Critical Introduction. [e-book]. London : Laurence King Publishing Ltd.
Noviani, R., 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan : Antara Realitas, Representasi dan Simulasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Moya, J.C., 2006. Moral Responsibility. [e-book]. New York : Routledge. Noth, W., 1990. Handbook of Semiotics Advances in Semiotics [e-book]. Bloomington : Indiana University Press.
Monaco, P., 2010. A History of American Movies A Film-by-Film Look at the Art, Craft, and Business of Cinema [e-book]. UK : Scarecrow Press, Inc.
Monaco, J., 2000. How To Read A Film The World Of Movies, Media, And Multimedia Language, History, Theory [e-book]. New York : Oxford University Press.
Metz, C., 1991. Film Language: A Semiotics Of The Cinema [e-book]. Chicago : University of Chicago Press.
Leitch, T., 2004. Crime Films [e-book]. UK : Cambridge University Press
Kriyantono, R., 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Innersmiff. 2012. The Film-Semiotics of 'Hunger' (Dir. Steve McQueen): A Movie Analysis Essay. [online] http://innersmiff.hubpages.com/hub/The-Semioticsof-Hunger [diakses pada 5 Februari 2014].
Hall, S., 1997. Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. Milton Keynes: The Open University Press.
Grainge, P., 2003. Memory And Popular Film [e-book]. New York : Manchester University Press.
Geddes, J., To Kill A Mockingbird By Harper Lee A Gcse English Student Guide [ebook]. UK : Wessex Publications.
Frank Baker. 2006. Film Study Guide for To Kill A Mockingbird: Seeing the Film through the Lens of Media Literacy. [online] http://www.frankwbaker.com/tkam1.htm [diakses pada 6 Februari 2014].
Fiske, J., 2001. Television Culture: Popular Pleasures And Politics [E-book] New York : Routledge.
Downing, L., & Saxton, 2010. Film and Ethics. [e-book]. USA : Routledge.
Dain. 2011. To Kill a Mockingbird. [online] http://www.cyberessays.com/Term-Paper-on-To-Kill-A-Mockingbird/56686/ [diakses pada 6 Februari 2014].
Claudia Medeiros. 2013. To Kill a Mockingbird Film Studies. [online] http://prezi.com/o1daretvb6es/to-kill-a-mockingbird-film-studies/ [diakses pada 5 Februari 2014].
Christoph Biemann. Semiotic Analysis of Films. [online] http://www.mauschristoph.de/projekte/english-version/semiotic-analysis-of-films/index.php [diakses pada 5 Februari 2014].
Chandler, D., 1999. Semiotics for Beginners [e-book]. New York : Routledge.2007.Semiotics The Basics [e-book]. New York : Routledge
Campbell, D., 2002. Technical Film and TV for Nontechnical People [e-book]. New York : Allworth Press.
Buckland, W., 2003. The Cognitive Semiotics of Film [e-book]. New York : Cambridge University Press.
Arijon, D., 1976. Grammar of the Film Language [e-book]. Los Angeles : Silman-James Press.
Anonim.2012. Film. [online] http://en.wikipedia.org/wiki/Film [diakses pada 6 Februari 2014].
Anonim. On the Contribution of Film to Semiotics. [online] http://isites. harvard. Edu/fs/docs/icb.topic235120.files/EcoContributionSemiotics.html [diakses pada 5 Februari 2014].
Anonim, 2007. To Kill a Mockingbird Harper Lee [e-book]. New York : SparkNotes A Division of Barnes & Noble.
Althusser, L., 2001. Ideology and Ideological State Apparatus dalam Lenin and philosophy and other essays. New York: Monthly Review Press.
Adam Zanzie. 2010. To Kill A Mockingbird (1962): Praise and Criticism for Robert Mulligan's Most Popular Film. [online] http://iceboxmovies.blogspot.com/2010/10/to-kill-mockingbird-1962-praise-and.html [diakses pada 5 Februari 2014].